Selasa, 07 Februari 2023



Sebagian besar Perguruan Tinggi di Indonesia dewasa ini menerapkan pola mengajar dengan pengasuh terdiri dari dua atau tiga Dosen dalam satu Mata Kuliah. Istilah yang dikenal saat ini adalah Team Teaching atau tim pengajar yang mengasuh Mata Kuliah tertentu secara bergantian. Praktiknya dalam pula dilakukan 5 kali pertemuan pertemuan yang masuk Dosen A dan 5 pertemuan berikutnya diasuh oleh Dosen B. Kemudian pada lima pertemuan terakhir masuk Dosen C dan terakhir adalah final atau evalusi pembelajaran terhadap peserta didik.

Proses pengajaran yang demikian memiliki dampak yang positif bagi peserta Didik atau mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dari satu orang Dosen, tapi diperoleh ilmu dari Dosen yang berbeda. Berbeda Dosen berbeda pula proses mengajar yang diterapkan, berbeda pengalaman, berbeda daftar referensi yang menjadi bahan rujukan dan berbeda pula tingkat pergaulannya. Ada yang menjadi alumni dalam negeri dan ada yang berasal dari Perguruan Tinggi luar negeri yang tentunya berbeda dalam proses belajar dan mengajar. Perbedaan tersebut dapat mempengaruhi karakteristik dari Dosen yang bersangkutan. Terutama dari sisi penyampaiannya dan juga penguasaan materi yang diterima. Begitu pula dengan contoh-contoh yang diberikan berdasarkan apa yang disaksikan sesuai dengan pergaulan Dosen tersebut.

Berbagai pengalaman dan referensi dari Dosen yang bersangkutan akan dibagikan di ruang kelas.  Mahasiswa dapat menyerap pengetahuan baru berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari Dosen yang bersangkutan. Mahasiswa memperoleh nuansa yang berbeda dibandingkan pengasuh Mata Kuliah satu orang yang cenderung monoton dan tidak bervariatif. Pola yang demikian barangkali belum banyak diterapkan pada stara satu. Barangkali dapat menjadi sebuah refleksi untuk direplikasi pada siswa yang menimba pengetahuan di Program Strata Satu agar ilmunya bisa bervariatif diperoleh. Apalagi ada Dosen selain bergelut di dunia akademisi juga memiliki pengalaman praktis yang dapat memperkaya pengetahuan baru bagi mahasiswa serta akan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Banda Aceh, 7 Februari 2023

Mansari



1 komentar:

Related Posts Display

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Pages

Pages