Jumat, 03 Februari 2023


Untuk mengatasi kesulitan mahasiswa Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam menyelesaikan tugas akhir Disertasi, kini Prodi Fiqh Modern melakukan sebuah terobosan baru yakni mengadakan kegiatan jumatan yang diberi nama NgoPi. NgoPI ini berbeda dengan pemahaman NgoPI umumnya yang dipahami oleh masyarakat Aceh. Umumnya istilah ngopi di kalangan masyarakat Aceh sering digunakan untuk duduk bersama antara dua orang orang atau lebih di warung kopi. Berbeda dengan NgoPI yang dilaksanakan di setiap jum'at oleh Prodi Fiqh Modern. NgoPI di kalangan mahasiswa Strata Tiga (S3) Prodi Fiqh Modern ini merupakan akronim dari Ngobrol Pikiran Disertasi. Kegiatan ini sudah berlangsung selama enam bulan, tapi manfaatnya sungguh sangat luar biasa. Banyak mahasiswa yang awalnya galau dengan judul, pokok permasalahan belum konkrit dan berbagai macam permasalahan yang sering dihadapi dapat terselesaikan melalui program yang amat mulia ini.

Program ini diinisiasi oleh Prodi Fiqh Modern. Tujuannya tidak lain selain bersama-sama saling berkontribusi, memberikan sumbangsih pemikiran dan menyempurnakan draft Disertasi yang sudah dipersiapkan oleh mahasiswa. Setiap jumat paling kurang satu atau dua draft disertasi dibahas secara bersama-sama. Dua orang yang mempresentasikan, sedangkan yang lainnya memberikan masukan sesuai dengan referensi bacaan masing-masing guna memperkaya pembahasan serta memperjelas arah penelitian. Hal ini tentu sangat membantu bagi mahasiswa tersebut. Pokok permasalahan menjadi terang benderang dan semakin mempercepat proses penyelesaian penulisan Disertasi secara sempurna. Bahkan yang menariknya lagi, bukan hanya mahasiswa yang belum seminar yang hadir, ada pula sebagian mahasiswa yang sudah mengikuti seminar, tapi masih menyempatkan waktu mengikuti kegiatan tersebut.

Di antara puluhan mahasiswa yang ada dalam ra orang Dosen Pembimbing yang sangat setia menemani di setiap jumat pagi. Tidak lain beliau adalah Dr. Ali Abubakar adalah Wakil Dekan III FSH dan juga merupakan Dosen Pengajar pada Prodi S3 Fiqh Modern Pascasarjana UIN Ar raniry. Keseriusan beliau memotivasi mahasiswa menjadi lebih serius memanfaatkan kesempatan yang tidak biasa itu. 

Ada dua hal penting yang dapat dirasakan dari pertemuan tersebut, yaitu: Pertama, adanya sikap saling tolong menolong antara mahasiswa untuk saling memberikan masukan. Kedua, adanya sikap kekeluargaan yang kuat di antara sesama mahasiswa. Baik mahasiswa yang sudah senior maupun mahasiswa yang masih junior, meskipun dalam ruangan tersebut tidak ada istilah senior dan junior. Tapi sama-sama mahasiswa keluarga besar Prodi Fiqh Modern yang haus akan ilmu pengetahuan dan sama-sama ingin belajar dan menimba ilmu dari teman-teman sesuai dengan referensi masing-masing.


Banda Aceh, 3 Februari 2023

Mansari




0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Display

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Pages

Pages