Rabu, 08 Februari 2023

Salah satu kewajban yang wajib dilaksanakan oleh seorang Dosen adalah melakukan penelitian, di samping kewajiban lainnya yaitu pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai salah satu kewajiban, mau tidak mau, suka tidak suka yang namana penelitian tetap harus dilaksanakan oleh seorang yang berprofesi sebagai Dosen. Di tengah kesibukan mengajar dan penyiapan seluruh administrasi bagi dosen, yang namanya penelitian tetap harus dilaksanakan minimal satu atau dua penelitian. Hal ini menjadi karena ketika naik pangkat, selalu akan diminta penelitian dan artikel ilmiah sebagai hasil penelitian yang telah dihasilkan. Sebagian Dosen akan kualahan memenuhi artikel atau hasil penelitian karena jarang melakukannya. Manakala mengajukan pangkat dari asisten ahli ke lektor, dari lektor ke lektor kepala sudah terkendala dengan belum publishnya artikel di jurnal. 

Sebagian Dosen sering menghubungi penulis untuk minta bantu supaya artikelnya publish pada jurnal yang penulis kelola. Hal ini menunjukkan sebagian Dosen mau menulis ketika dipaksa oleh keadaan. Jika tidak naik pangkat, bermalas-malasan. Suatu saat ketika hendak naik pangkat jabatan akademik langsung berlomba-lomba minta artikelnya dipublish. Satu hal yang perlu diingat bahwa publish artikel tidak langsung dapat dilakukan hanya satu jam. Setiap pengelola jurnal memiliki periode tertentu untuk publish artikel. Ada yang dua kali dalam setahun dan ada yang tiga kali. Jadi, harus mengikuti ritme dari sebuah jurnal, bukan keinginan dari Dosen yang bersangkutan.

Oleh karena pentingnya penelitian yang dipublikasi melalui artikel ilmiah bagi Dosen, maka seorang Dosen perlu memahami esensi dari penelitian. Penelitian memiliki peranan yang sangat penting bagi Dosen. Penelitian bagi Dosen menjadi sarana dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Melalui penelitian ilmu seorang Dosen dapat ditingkatkan, melalui penelitian dosen dapat memperoleh ilmu berdasarkan data empiris, melalui penelitian dosen dengan sendirinya harus membaca literatur yang banyak, melalui penelitian dapat memperkuat jejaring bagi Dosen karena harus bertemu dengan responden dari lokasi penelitian. Jadi, dapat dikatakan bahwa melalui kegiatan penelitian akan dapat meningkatkan kapasitas seorang Dosen, karena ia harus bergelut dengan sejumlah referensi dan bergelut dengan data-data dari lapangan sehingga dapat memberikan ilmu baru bagi dirinya.

Esensi penelitian sebenarnya adalah untuk mendapatkan kebenaran dan pengembangan pengetahuan. Kebenaran yang diperoleh dari penelitian itu diawali dengan adanya rasa ingin tau atau keragu-raguan dari peneliti. Untuk menguji rasa ingin tau itulah mendorong peneliti untuk melakukan mencari dan mengkaji terhadap suatu objek yang menjadi fokus kajiannya. Untuk memperoleh kebenaran tersebut tentunya harus memperoleh informasi dari orang-orang yang berada pada lokasi di mana penelitian itu dilaksanakan. Bisa melalui wawancara dan dapat pula dengan melakukan observasi, pembagian angket (kuesioner) dan Focus Group Discussion (FGD) sehingga peneliti mendapatkan langsung pengetahuan dan kebenaran dari lokasi penelitian. Dengan demikian akan menghilangkan rasa keragu-raguan yang dimiliki oleh peneliti.

Banda Aceh, 8 Februari 2023.

Mansari 



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Display

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Pages

Pages