Jumat, 24 Februari 2023

 


Banda Aceh, Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarkat (PKPM) Aceh, Dewan Pinpinan Daearh (DPP) Independen Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh resmi jalin Kerjasama. Penandatanganan Memorandum of Agreement berlangsung di Aula fakultas setempat (24/2/23) yang ditandatangani langsung Direktur PKPM Aceh, Dr. Muslim Zainuddin, M.Si, Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Dr. Kusuma Hatta dan Ketua DPD IPSPI Aceh, Daniel Arca, A.Ks, M.Si. Turut disaksikan langsung oleh Program Oficcer UNICEF, Asep Zulhijar.

Dalam sambutannya, Dr. Muslim Zainuddin, M.Si mengatakan Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan bagian penting dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang pengabdian masyarakat. Apalagi saat ini PKPM sedang bekerjasama dengan UNICEF sebagai Lembaga internasional yang konsen pada aspek perlindungan, sehingga keterlibatan kampus menjadi suatu keharusan agar program-program perlindungan anak yang menjadi focus utama UNICEF dapat terlaksana dengan baik. Tentunya dengan melibatkan insan kampus untuk turut berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan perlindungan anak. Muslim menambahkan “Kita berharap kerjasama ini tidak hanya bermanfaat bagi kampus, tapi masyarakat luas dan anak-anak harus merasakan manfaatnya dari Kerjasama ini.

Sementara Dekan FDK, Dr. Kusumawati Hatta menyambut baik Kerjasama tersebtu. Dalam sambutannya, Kusumawati menyampaikan turut berterima kasih kepada PKPM dan DPD IPSPI yang telah menjalin Kerjasama ini. “MoA yang kita jalin hari ini tidak hanya di atas kertas, namun yang paling penting bagaimana butir-butir yang tertera dalam MoA dapat diaplikasikan secara langsung sehingga memberikan manfaat kepada para pihak, dan masyarakat luas”. Kusumawati menambahkan lima Prodi yang ada di lingkungan FDK yang terdiri dari Prodi Kesejahteraan Sosial (KESOS), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Manajemen Dakwah (MD), sangatlah berhubungan dengan program ini. “Sehingga kita berharap SDM yang dimiliki oleh masing-masing Lembaga dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas”.

Ketua DPD IPSPI Aceh, Daniel Arca, A.Ks., M.Si melalui sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia melaksanakan MoA ni. Menurut Daniel, ada empat program yang akan dikembangkan di Aceh, yaitu, Kerjasama dengan stakeholder terkait baik Perguruan Tinggi maupun Lembaga Swadaya Masyarakat, menjadikan IPSPI sebagai wadah keilmuan bagi seluruh pengurus, menjadi tempat untuk meningkatkan kapasitas bagi anggotanya dan terakhir IPSPI menjadi channel yang dapat mempercepat sertifikasi bagi anggotanya. Daniel kemudian menambahkan, Kerjasama ini merupakan realisasi program prioritas pertama yang kita laksanakan, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan. Tutupnya.

Adapun butir-butir MoA yang disepakati terdiri dari pelibatan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, penguatan layanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat, peningkatanmutu penelitian, pelibatan mahasiswa magang, dan memberikan ruang kontribusi dari masign-masing SDM yang dimiliki oleh ketiga pihak yakni PKPM, IPSPI dan FDK UIN Ar-Raniry.

Proses penandantangan MoA dengan tiga lembaga tersebut dibarengi dengan Pelantikan Kepengurusan DPD IPSPI Aceh Perioder 2023-2027 yang dilatik langsung oleh Ketua I IPSPI Pusat, yang diwakili oleh Dr. RR. E. Sulistyaningsih, A.Ks. M.Si. Adapun Ketua DPD IPSPI Aceh yang dilantik adalah Daniel Arca, A.Ks., M.Si dan Sekretaris Rita Mayasari. Aisyah berharap pengurus yang dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

 


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Display

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Pages

Pages