Jumat, 27 Januari 2023

Mesjid merupakan tempat melaksanakan ibadah bagi orang Islam. Selain untuk melaksanakan shalat fardhu sebanyak waktu dalam sehari juga dilaksanakan solat jumat setiap seminggu sekali. Setiap setahun juga dilaksanakan solat idul fitri dan idul adha di mana ribuan masyarat memenuhi mesjid. Sungguh bahagian sekali ketia berada di dalam mesjid. Jiwa menjadi tenang tatkala kita memasuki ke dalamnya. Suasana yang sangat adem karena dilengkapi dengan AC mengundang masyarakat untuk selalu betah dan ber'itikaf di dalam mesjid. Saat ini memang tidak dapat dipungkiri di mana managemen mesjid sangatah bagus. Sebagian besar mesjid yang ada di Kota Banda Aceh dilengkapi di AC yang membuat jamaahnya menjadi tenang selama berada dalam mesjid. 
Fenomena ini menjadi suatu hal yang menarik dan sekaligus dapat memberikan nilai plus, karena jamaahnya merasa begitu nyaman untuk beribadah. Dari sisi kenyamanan saat ini juga disediakan Camera CCTV untuk memantau jika ada hal-hal yang mencurigakan dan mengarah kepada tindak kriminal. CCTV menjadi alat untuk mengawasi dan mencegah terjadinya praktik kejahatan tersebut. 

Fenomena yang tak kalah menariknya lagi yaitu sebagian mesjid sudah menyediakan sejumlah makanan bagi para jamaah. Uniknya yang menyediakan bukanlah pengurus mesjid, tapi dibawa langsung oleh orang yang memiliki derma yang tinggi dan suka berbagi apa yang dimilikinya kepada para jamaah. Makanan yang dibagikan juga sangat beragama. Ada yang membawa nasi bungkus yang dilengkapi dengan ikan dan ayam di dalamnya, sehingga para jamaah langsung dapat membawanya untuk makan di rumah setelah solat berjamaah di Mesjid. Ada pula yang membawakan pisang yang digantung di pohon yang berada di sudut mesjid. 

Jamaah yang ingin menikmatinya langsung tinggal ambil saja tanpa perlu membayarnya. hehe. Orang yang membawakan makanan pun bukanlah orang itu terus setiap jumatnya, akan tetapi berganti-ganti sesuai dengan orang yang hendak bersedekah. Sungguh pemandangan yang indah. Berbagi akan selalu membawa keberkahan. Dengan berbagi Allah menjanjikan akan melimpahkan rahmat dengan jumlah yang lebih besar lagi. Maka jangan lupa berbagi, semoga dimudahkan rejekinya bagi para dermawan yang menyisihkan rejekinya kepada para jamaah di mesjid.
 Banda Aceh, 27 Januari 2023

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Display

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Pages

Pages